CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 23 Juli 2012

Attitude SMK Telkom SP Malang


Tata Cara Berbicara Baik Dihadapan Orangtua

Dalam pergaulan kita sebagai anak dengan orang tua yang hampir seriap saat bercakapan keluarga, seringkali orang tua memaggil atau menyuruh kita sebagai anak untuk membantu mereka. Anak yang di suruh sering merasa tidak berkenan di hati, lalu menampakkanya dalam bentuk suara atau sikap yang tidak layak. Bagaimanakah ketentuan dalam memberikan pedoman kepada kita sebai anak mereka untuk berbicara, mennjawab panggilan dan mengeluarkan pernyataan di hadapkan orang tua kita?
Apalagi orang yang beragama, pasti dalam agamanya di jelaskan cara berbicara yang benar terhadap orang tua. dalam agama islam di jelaskan bahwa dalam berbicara dengan orang tua kita, kita sebagai anak tidak saja harus menundukan diri, tapi juga harus merendahkan suara dan memilih kata-kata yang sopan serta halus. kita sebagai anak harus dapat mengukur tiggi rendahnya suara yang akan di ucapkan di hadapan orang tua kita. kita tidak di perkenankan bersuara lebih lantang daripada suara orang tua kita, apalagi meneriakan dari jauh. sebenarnya kita tidak di perkenankan menjawab panggilan orang tua kita dari jauh dengan suara yang keras dan lantang. jika kita berada di tempat yang jauh ketika mendengar panggilan orang tua kita maka hendaknya ia datang mendekat dan menjawab panggilan tersebut dengan suara merendah. Inilah yang di sebut sebagai ucapan yang lemah lembut terhadap orang tua kita.
bagai mana jika kita sebai anak mengutarakan isi hati kita melalui surat? Dalam menulis surat kepada orang tua kita tetap berkewajiban mengutarakan isi hati kita dengan cara merendah yaitu dengan memilih kata yang halus dan merendah. jadi, dalam keadaan apapun kita harus tetap dengan adab dan kesopanan dalam berkomunikasi dalam bersikap dengan orang tua kita.

0 komentar:

Posting Komentar