CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 23 Juli 2012

About JAVA

Sejarah Dan Perkembangan JAVA





ya, sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang JAVA, tentunya kita harus mengenal lebih dulu sejarah tentang JAVA, dan orang-orang yang sangat berpengaruh tentang JAVA.
Dan saya pun akan mengulas kenapa lambang JAVA itu sebuah cangkir kopi ( biar kita tertarik untuk mempelajarinya kali ya? kayak kita tertarik dengan kopi. hehehe)

JAVA adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++ . Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun microsystems yang dikembangkan pada tahun 1995.


Dimulai pada tahun 1991 dibentuknya suatu tim yang diberi nama green
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling (Sekelompok insinyur Sun ).Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.



Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya ini disebut sebagai Virtual Mesin namun saat itu belum diumumkan.
Akhirnya tim green mengunakan ide ini akhirnya mereka menciptakan Java Virtual Mesin.
Vitual mesin inilah yang menbuat java dapat dijalankan diberbagai platform.
Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven )
Namun produk ini gagal dipasaran. 


oak tree
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

Pada tahun 1993 sampai pertengahan 1994 tim green yang mempunyai nama baru First person. Inc hanya menghabiskan waktu dengan memperhatikan penjualan dari produknya. Ternyata tidak satupun orang ditemukan. Akhirnya pada tahun 1994 First Person dibubarkan.
Pada tahun itu Web berkembang sangat pesat saat itu browser yang banyak digunakan adalah Mosaic suatu broser yang gratis.
Dalam suatu wawancara pada pertengahan tahun 94 James Gosling mengatakan “We could build a real cool browser. It was one of the few things in the client/serve mainstream that needed some of the weird things we’d done: architecture neutral, real-time,reliable, secure—issues that weren’t terribly important in the workstation world. So we built a browser.”
Akhirnya dibuatlah suatu browser oleh Patrick Naughton dan Jonathan Payne.
Browser itu diberi nama Hot Java. Browser ini dibuat dengan menggunakan bahasa java untuk menunjukkan kemapuan dari java.
Yang tidak kalah hebatnya mereka juga membuat teknologi yang disebut Aplet sehingga browser dapat menjalankan kode program didalam browser.
Inilah bukti dari teknologi itu yang ditunjukkan java pada tanggal 25 mei 1995
Sejak saat itu browser java memberikan lisensinya kepada browser lain untuk bisa menjalankan Applet dan pada tahun 1996 diberikan pada Internet Explorer.
Akhirnya pada tahun 1996 dikeluarkan versi pertama dari java dengan mengeluarkan java 1.02
Pada tahun 1998 dikeluarkan java 1.2 dan java mulai mengeluarkan slogannya “Write once, Run anywhre “
Nih orang-orang yang berpengaruh :
Patrick Naughton (klik)
- James  Gosling (klik)
- Bill Joy (klik)

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner.

Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt (klik) dan George Paolini (klikdari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen (klik), membentuk Netscape.


Sun kemudian meluncurkan browser dari Java yaitu Hot Java yang mampu menjalankan script Applet. Setelah itu, teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape yang kemudian diikuti Internet Explorer. Karena keunikannya dan kelebihannaya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor seperti IBM,Symantec,Inprise,dll.
Sun merilis versi awal Java secara resmi pada :


  •  awal tahun 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2, yang mulai disebut sebagai versi Java2 
  • versi Java2 karena banyak mengandung peningkatan dan perbaikan. 
  • Perubahan utama adalah dengan adanya Swing yang merupakan teknologi GUI(Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan Window yang portabel. 
  • Dan pada tahun 1998-1999 lahirlah teknologi J2EE(Java 2 Enterprize Edition), yang berbasis J2SE(Java 2 Standart Edition) yang diawali dengan Servlet dan EJB kemudian diikuti JSP(Java Server Page). Java menjadi lebih cepat populer di lingkungan Server Side dikarenakan kelebihannya dikarenakan kelebihannya di lingkungan Network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading.
  •  Sedangkan J2ME(Java 2 Micro Edition) dapat menghasilkan aplikasi mobile atau Handphone baik games maupun Software yang dapat dijalankan di peralatan Handphone seperti Symbian dan Java.

Java mempunyai 2 bagian utama, yaitu :
  • Java Virtual Machine (JVM) merupakan mesin virtual yang digunakan secara khusus mengeksekusi berkas bytecode java. Menurut Sun Microsystems (sekarang merupakan bagian dari Oracle Corporation), terdapat lebih dari 4,5 milyar lebih perangkat keras di dunia yang memiliki mesin virtual java di dalamnya
  • Java Application Programming Interface (Java API) adalah spesifikasi dimaksudkan untuk digunakan sebagai antarmuka dengan komponen software untuk berkomunikasi satu sama lain. API dapat mencakup spesifikasi untuk rutinitas, struktur data, kelas objek, dan variabel. Sebuah spesifikasi API dapat mengambil banyak bentuk, termasuk Standar POSIX, seperti dokumentasi atau vendor seperti Microsoft Windows API, atau perpustakaan bahasa pemrograman, misalnya Standard Template Library di C + + atau Java API.
Sun membagi arsitektur Java menjadi 4 bagian, yaitu :
  • Enterprize Edition(J2EE) untuk aplikasi Web, aplikasi system tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan SuperSet dari Standart Java.
  • Standart Edition (J2SE) ini dikenal sebagai bahasa Java.
  • Micro Edtiton (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk Mobile Device.
 



Darimana Nama Java ?

Setelah diberitahu oleh pengacara bahwa nama OAK telah dipakai oleh produk lain, maka diadakan rapat untuk menentukan nama apa yang layak dipakai. 
Bahasa ini sangan unik, dinamis, mengasikan, revolusioner dan memiliki proses yang sangat cepat, lalu mereka bertanya-tanya nama apa yang pantas digunakan yang mencakup esensi dari berbagai kata tersebut. 
Salah seorang dari mereka lalu teriak “its Java”. 
Java dalam bahasa inggris bukan hanya berarti sebagai kopi, tetapi Java memiliki makna seperti Kedai Kopi memiliki banyak jenis kopi dan semuanya nya enak. Sama seperti bahasa Java yang memiliki banyak rasa yang kesemua rasanya dapat diungkapkan dengan kata ‘JAVA’ . 
Yang awalnya James sedang bersantai di sebuah kedai kopi dan nama Java terlintas di fikirannya.

Fitur-fitur Java yang menarik


      • Applet


    • Program Java yang dapat berjalan di atas browser, yang dapat membuat halaman HTML lebih interaktif.
      • Java Networking


    • Sekumpulan API yang menyediakan fungsi untuk aplikasi-aplikasi jaringan, seperti penyediaan akses untuk TCP, UDP, IP Address dan URL. Tetapi Java Networking tidak menyediakan akses untuk ICMP dikarenakan alas an sekuriti dan pada kondisi umum hanya administrator (root) yang bisa memanfaatkan Protokol ICMP.
      • Java Database Connectivity(JDBC)


    • Menyediakan sekumpulan API yang dapat digunakan untuk mengakses database seperti Oracle,MySQL,PostgreSQL,Microsoft SQL Server.
      • Java Security


    • Java Security menyediakan sekumpulan API untuk mengatur security dari aplikasi Java baik secara High Level datau Low Level, seperti public/private key menegement dan certificates.
      • Java Swing


    • Menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi-aplikasi GUI dan model GUI yang diinginkan bisa bermacam-macam.
      • Java RMI


    • Java RMI menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi-aplikasi Java yang mirip dengan model RPC (remote Procedure Call), jadi objek-objek Java bisa di call secara remote di Jaringan Komputer.
      • Java 2D/3D


    • Merupakan sekumpulan API untuk membangun grafik-grafik 2D/3D yang menarik dan juga akses ke printer.
      • Java Server Pages (JSP)


    • Berkembang dari Java Servlet yang digunakan untuk menggantikan aplikasi-aplikasi CGI. JSP yang mirip ASP dan PHP merupakan alternatif terbaik untuk solusi aplikasi internet.
      • JNI (Java Native Interface)


    • Merupakan sekumpulan API yang digunakan untuk mengakses fungsi-fungsi pada library (*.dll atau *.so) yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang lain seperti C, C++, dan Basic.
      • Java Sound


    • Menyediakan kumpulan API untuk manipulasi Sound.
      • Java IDL + CORBA


    • Menyediakan dukungan Java untuk implementasi CORBA (Common Object Request Broker) yang merupakan model distributed-Object untuk solusi aplikasi besar di dunia Networking.
      • Java Card


    • Java Card utamanya dipakai untuk aplikasi-aplikasi pada smart card, yang sederhana wujudnya seperti SIM Card pada Handphone.
      • JTAPI (Java Telephony API)


    • Sekumpulan API untuk memanfaatkan devices-devices telephony, sehingga cocok untuk aplikasi-aplikasi CTI (Computer Telephony Integration) yang dibutuhkan seperti ACD (Automatic Call Distribution) PCPBX dan lainnya.




    Teknologi JAVA


      • beberapa tahun terakhir ini, jumlah pengguna Java di Indonesia sudah meningkat secara signifikan. Beberapa universitas juga sudah menjadikan Java sebagai bahasa pengantar utama dalam perkuliahan.



      • Teknologi terkini yang terkenal antara lain adalah:
        - Aspect
        Aspect digunakan untuk menambahkan fungsionalitas ke object yang sudah ada secara transaparan. Misalnya otorisasi, siapa boleh memanggil method apa. Kalau kita coding secara manual ke method, akan ada kode otorisasi di semua method, sehingga banyak terjadi duplikasi. Istilah pemrogramannya, kode seperti ini tidak ortogonal. Tambahkan kode untuk logging, buka-tutup resource, dan lainnya, maka kode program kita akan menjadi sangat-sangat tidak efisien dan sulit dimaintain. Dengan Aspect, kode yang tersebar dan terduplikasi ini dapat dikumpulkan di satu tempat saja. Tanpa Aspect, kita dapat mencapai tujuan yang sama dengan pattern Interceptor.

        - Annotation
        Annotation adalah implementasi metaprogramming di Java. Metaprogramming artinya memprogram program itu sendiri. Salah satu contoh penggunaan annotation adalah untuk menerapkan Aspect pada kode. Jadi, di dalam kode program, kita menambahkan kode annotation untuk mengkonfigurasi Aspect. Masih banyak lagi penggunaan annotation yang meningkatkan produktivitas. Contoh lain adalah konfigurasi mapping tabel database dengan business object.


         Dan yang kurang terkenal adalah :


        Ada 2, satu yaitu java dari vendor (di Indonesia kurang populer), dan Java yang light, sehingga bisa buat sistem yang murah, setelah itu yang teknologi diatas Java Enterprise, seperti framework JSF yang standard, integrasi beberapa produk open source kelas dunia seperti Struts Shale dengan Webwork, Injection yang lagi naik daun.


          Kadang kita bertanya JAVA itu Free atau Open Source, ataukah yang lainnya ?


        Java sebenarnya adalah kumpulan spesifikasi yang free, dikeluarkan oleh Sun Microsystems. Mulai dari bahasa pemrogramannya, berbagai aplikasi server, dan juga spesifikasi komponen yang dapat dijalankan di server adalah berupa spesifikasi/standar. Implementasi dari standar ini bisa dibuat oleh siapa saja. Untuk saat ini, implementasi bahasa pemrograman yang umum digunakan antara lain Sun Microsystems, IBM, dan BEA.



        Implementasi ini gratis dan bebas digunakan untuk perorangan, tapi ada batasan-batasan khusus dalam pendistribusiannya. Artinya, kita boleh pakai dengan gratis atau bebas, tapi kita belum tentu boleh untuk memberikannya pada orang lain. Selain itu, juga ada implementasi yang open source misalnya Blackdown dan gcj.

        Di luar bahasa pemrogramannya sendiri, ada banyak kumpulan framework, library, dan aplikasi yang open source. Salah satunya adalah project Jakarta milik Apache Software Foundation. Project Jakarta ini menampung banyak komponen siap pakai yang open source.
        Ini mungkin berbeda dengan bahasa pemrograman seperti yang kita kenal dulu, misalnya VB atau Delphi. VB atau Delphi adalah sebuah produk, bukan spesifikasi. Jadi, hanya ada satu implementasi dari VB, yaitu buatan Microsoft, dan hanya ada satu implementasi Delphi, yaitu yang diterbitkan Borland.

        Untuk platform .NET, Microsoft juga mengambil pendekatan spesifikasi-implementasi seperti Java. Spesifikasinya tersedia bagi umum, dan Microsoft menyediakan implementasinya berupa Visual Studio .NET. Tapi masyarakat umum juga bisa membuat implementasi sendiri, misalnya project Mono (http://www.mono-project.com).
        Java lebih tepat disebut sebagai standard dibawah JCP.org saat ini, dan salah satu implementasinya dengan nama sama Java dari Sun yang disebut Sun Java SDK, sedangkan implementasi lainnya seperti GCJ, Harmony, Javali dan Classpath adalah yang lainnya.
        Harmony dan Classpath yang paling agresif untuk mengadopsi standard JCP, yang nantinya dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi dari Sun Java SDK.




        Software-software JAVA


        GWT Designer
        Software ini merupakan tool berbasis Eclipse yang memungkinkan developer Java membuat aplikasi web yang kaya dengan teknologi Ajax dengan Google Web Toolkit (GTW) lebih cepat.

        WindowBuilder Pro

        Software ini merupakan tool untuk membuat alikasi window berbasis Swing, SWT, RCP, XWT dan GWT sekaligus menggunakan tool WYSIWYG visual dengan drag drop.  Ada Wizard, Editor dan layout inteligen yang membantu menghasilkan kode Java yang bersih di mana desain visual dan kode akan selalu tersinkron.

        CodePro AnalytiX

        Software ini merupakan tool untuk membantuk analisa kualitas kode dan security untuk meningkatkan kualitas software yang dihasilkan.

        WindowTester Pro


        Software ini digunakan untuk melakukan test interaksi GUI yang menggunakan framework UI berbasis SWT dan Swing.

0 komentar:

Posting Komentar